Thursday, April 21, 2016

Cara Alami dan Cepat Mengobati dan Mengatasi Insomnia

Cara Alami dan Cepat Mengobati dan Mengatasi Insomnia - Menurut dari apa yang saya kutip dari wikipedia insomnia adalah sebuah kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional pada saat bangun. Dan pada umumnya insomnia terjadi karena adanya permasalahan pada psikologis seseorang. Insomnia ini sangat mengganggu aktifitas sehari - hari seseorang karena terganggunya aktifitas tidur alami seseorang. Efek samping pada penderita insomnia yang begitu terasa adalah rasa mengantuk pada saat sedang beraktifitas pada siang hari. Hal ini mengakibatkan turunnya produktifitas dan semangat bekerja, perasaan cemas dan sulitnya untuk berkonsentrasi juga dirasakan penderita insomnia.

baca juga : fakta unik mengenai insomnia

Cara Alami dan Cepat Mengobati dan Mengatasi Insomnia
image by google
Kebiasaan begadang atau tidur terlalu larut malam adalah salah satu dari beberapa penyebab terjadinya insomnia, ini karena begadang jadi mengganggu waktu biologis seseorang untuk tidur, jadi badan anda membiasakan diri untuk tetap terjaga pada jam malam dan mengantuk pada jam siang. Jadi apa saja penyebab terjadinya insomnia, berikut bagaimanacaraa membahasnya untuk teman - teman

1. Faktor kesehatan psikologi

faktor psikologi penyebab insomnia

Insomnia berkaitan erat dengan kesehatan psikologi. Depresi, stress adalah beberapa gangguan psikologi yang pada umumnya menyebabkan insomnia terlebih lagi terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Biasakan untuk tidak memikirkan apapun pada saat anda hendak tidur agar tidak terbiasa dan mengganggu waktu tidur anda dikemudian hari.

2. Kafein, nikotin, alkohol dan zat stimulan lainnya

hindari kafein agar tidak terkena insomnia

Jangan terlalu sering mengkonsumsi zat - zat stimulan sepert kafein, nikotin dan alkohol. Selain tidak baik buat kesehatan jika dikonsumsi terlalu berlebihan, zat stimulan juga dapat mengganggu jadwal tidur anda. Zat stimulan menstimulasi otak anda dan anda akan tetap merasa segar dan terjaga sepanjang malam.

3. Kenyamanan ruang tidur

kenyamanan ruang tidur berpengaruh pada kualitas tidur

Buatlah ruang tidur anda senyaman mungking, jaga kebersihan dan kerapian ruang tidur anda. Kalau ruang tidur anda nyaman dan rapih, maka anda juga akan nyaman untuk tidur.

Apakah insomnia ini bisa disembuhkan? Tentu saja bisa, tidak ada penyakit di dunia ini yang tidak ada obatnya. Sebelum anda pergi ke dokter dan mendiskusikan masalah anda ini kepadanya, ada baiknya anda baca pembahasan dibawah ini terlebih dahulu.

1. Hindari Kafein, nikotin dan zat stimulus lainnya.

alkohol dapat menyebabkan susah tidur

Tidak ada kompromi lagi dalam hal ini jika anda sudah menderita insomnia. Jangan sentuh dan gunakan zat stimulus sedikitpun. Menghindari zat stimulus sudah pasti dapat mengatasi insomnia anda perlahan.

2. Aturlah jadwal tidur anda

mengatur jadwal tidur agar terhindari dari insomnia

Pastikan anda mengatur jadwal tidur agar tubuh anda terbiasa dengan jadwal tidur yang teratur. Pastikan anda sudah berbaring dikamar pada pukul 10 malam. Buat diri anda senyaman mungkin dan pejamkan mata anda, rilekslah.

3. Matikan lampu kamar

matikan lampu kamar agar mudah tidur

Tidur dengan lampu yang dimatikan lebih baik buat kesehatan anda dan anda akan lebih mudah tertidur dengan nyaman. Saya sendiri sudah membuktikannya.

4. Olahraga teratur

rutin berolahraga agar tidur berkualitas

Olahraga lah secara teratur selain dapat membuat badan anda tetap bugar dan sehat, olahraga secara teratur juga dapat mengobati insomnia anda.            

5. Hindari memikirkan hal - hal berat saat mau tidur
Rilekskan pikiran anda pada saat anda hendak tidur, jangan memikirkan hal - hal berat seperti tugas kuliah, pekerjaan dikantor yang belum selesai dan lain sebagainya. Hidupkan musik lembut dengan volume yang pelan untuk membantu pikiran anda agar lebih rileks.

Biasakan diri anda dengan cara - cara diatas selama beberapa bulan, lihat perkembangannya. Kalau memang insomnia anda tergolong insomnia yang akut maka konsultasikan ke dokter kepercayaan anda. Sekian pembahasan mengenai cara alami dan cepat mengobati dan mengatasi insomnia, semoga bermanfaat dan dapat mengurangi penyakit insomnia anda. Hal yang perlu diingat adalah hindari menggunakan obat tidur, karena hanya akan menimbulkan dampak adiktif atau kecanduan pada tubuh anda. Terima kasih.   


EmoticonEmoticon